Senin, 11 April 2016

Thailand dan Malaysia : 5 Hari Jalan Sekeluarga ke Phuket dan Penang



By Aidil espeogeh
The Next Destination...
Family Vacation Lets Goooooooo to Thailand dan Malaysia



Maya Bay, Phi Phi Leh Island, Thailand

Libur hari kejepit? 5 hari? Wadoh bisa kemana aja tuh ! Begitu pikir saya ketika melihat kalender bulan Maret 2016 ada terdapat tanggal merah yang kejepit. Setelah melihat jadwal dan harga tiket yang pantas buat jalan-jalan, maka kami putuskan untuk berwisata ke Phuket, Thailand dan Penang, Malaysia. Perjalanan ini kami lakukan selama 5 hari. Kami berangkat pada hari Sabtu, 05 Maret 2016 setelah anak-anak pulang sekolah sampai hari Rabu, 09 Maret 2016. Dengan pertimbangan waktu seperti  ini, maka anak-anak hanya perlu ijin selama 2 hari untuk tidak masuk sekolah, yaitu pada hari Senin dan Selasa, sedangkan hari Rabunya hari libur nasional. Family Vacation kali ini adalah keberangkatan liburan keluarga kami ke 3 Negara (Medan, Indonesia - Phuket, Thailand - Penang, Malaysia). Seperti yang sudah pernah kami lakukan pada 02-05 April 2015, dimana kami melakukan perjalanan 3 hari 3 negara (Medan, Indonesia - Kuala Lumpur, Malaysia - Singapore). Kebayang dong seberapa repotnya dalam 3 hari harus berpindah ke 3 negara dengan membawa 2 child en 1 baby (saat itu masih 2 bulan) dan semuanya kami urus sendiri tanpa memakai jasa biro perjalanan. Tapi dari situlah kami dapat menikmatnya, karena di perlukan kerjasama tim yang solid agar bisa berjalan lancar... cieleeeeee... Pada Family Vacation kali ini kami memerlukan lebih banyak waktu, yaitu 5 hari untuk berkunjung ke 3 Negara. Jadi agak sedikit bisa bersantai-santai, dan seperti biasanya, pada Family Vacation ini kami berangkat dengan membawa 2 child en 1 baby (saat ini sudah berusia 13 bulan). Ini merupakan perjalanan kesekian kalinya yang kami tempuh dengan membawa semua anak-anak kami berlibur. Berikut ini saya berikan contoh untuk Itinerary perjalanan kami, yang tentu saja nanti bisa kamu modifikasi lagi, sesuai dengan tempat-tempat yang ingin dikunjungi. Tinggal dikurangi atau ditambahkan saja.
Itinerary  Phuket-Penang


Terus terang membuat Itinerary untuk kunjungan kali ini memang agak sedikit terburu-buru, karena Family Vacation kali ini memang diluar dari jadwal. Dengan waktu kunjung kami yang singkat dan kami harus berpindah dari satu negara ke negara lain sedangkan beberapa landmark utama seperti Phi Phi Island di Phuket, Thailand dan Penang Hill, di Penang Malaysia harus tetap kami kunjungi karena kunjungan ke landmark tersebut wajib hukumnya. Jadilah kedua tempat tersebut sebagai tempat prioritas yang kami masukkan di Itinerary perjalanan kami kali ini, meskipun nantinya beberapa tempat lainnya akan tetap kami kunjungi. Dalam penyusunan Itinerary ini saya banyak menggunakan sumber-sumber dari internet.  
Penang Hill, Penang, Malaysia


Nilai tukar pada saat kami pergi ini adalah 1 Baht = Rp. 379 dan 1 Ringgit Malaysia (MYR) = Rp. 3.210. Dengan rincian biaya yang terbesar dikeluarkan adalah untuk :
1. Tiket pesawat pergi dan pulang dari Medan, Indonesia - Kuala Lumpur, Malaysia - Phuket, Thailand - Penang, Malaysia - Medan, Indonesia. 
2. Transportasi di Phuket, Thailand dan Penang, Malaysia.
3. Makan.
4. Hotel.
5. Tiket masuk tempat wisata 
Dari semua biaya ini, biaya  Tiket pesawat pergi dan pulang serta biaya Tiket masuk tempat wisata yang sangat besar kami keluarkan. Tiket pesawat pergi dan pulang besar karena selama menuju ke negara tujuan kami selalu menggunakan penerbangan.
Tiket pesawat pergi dan pulang kami
Secara garis besar rute penerbangan dan rencana Perjalanan Traveling mandiri keluarga kami kali ini adalah dari Medan dengan penerbangan melalui Kuala Lumpur untuk menuju ke Phuket, kemudian dari Phuket dengan penerbangan menuju ke Penang, dan penerbangan kami terakhir adalah dari Penang untuk kembali lagi ke negara tercinta Medan, Indonesia.
Rute penerbangan kami


Sedangkan untuk Tiket masuk tempat wisata juga sangat besar kami keluarkan. Mengapa Tiket masuk tempat wisata juga begitu besar? kan di Phuket, Thailand dan Penang, Malaysia banyak tempat-tempat wisata yang tiketnya murah dan gratis?. Biaya tersebut menjadi besar karena di dalamnya saya masukkan biaya membeli paket Phi Phi Island Tour Khai Island Tour dengan paket menggunakan speedboat. Karena kalau dihitung-hitung sich beda tipis aja sama anggaran kalau kita pergi mandiri ke Phi Phi Island tersebut. Jadi kami putuskan untuk mengambil paket Phi Phi Island Tour Khai Island Tour dengan speedboat yang sudah kami beli kian via internet dari Medan, Indonesia. 
Booking form paket Phi Phi Island Tour Khai Island Tour kami dengan speedboat

Hotel
Hotel kami

Semoga cerita perjalanan hari ke hari kami bisa segera saya selesaikan dan segera diterbitkan. Saya percaya bila ada kemauan pasti akan ada jalan. Semoga virus M (Malas) tidak menyerang diriku. Tunggu cerita lengkap Traveling kami kali ini di papaaidil.blogspot.com. 
My Loveeeee





Tidak ada komentar:

Posting Komentar