Sabtu, 07 Januari 2017

Korea Selatan : 15 hari Jalan Sekeluarga Ke Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan



By Aidil espeogeh 
The Next Destination...
Family Vacation Lets Goooooooo to Korea Selatan.


Myeong-dong Tourist Information Center, Seoul, Korea Selatan
20 Des 2016



Annyeonghaseyo ! 
Mau ke Korea Selatan ? CIiiYusSsS… MiaPah ? *Bahasa kekinian*.

Kali ini saya meminjam istilah anak-anak alay yang lagi ntren disaat sekarang. Mungkin ini maksudnya ya “Mau ke Korea Selatan ? Seriussss ??? Demi apa…???”. Ya Demi kau dan si buah hati. Khe … Khe … Khe … 

Traveling Mandiri ini bukanlah suatu kebetulan, tetapi suatu perencanaan yang telah kami lakukan jauh-jauh hari sebelumnya. Masih saya ingat beberapa bulan yang lalu ketika saya dan istri merencanakan untuk melakukan liburan sekolah anak-anak ke suatu tempat menjelang akhir tahun 2016. 

Saat itu kami masih menimbang-nimbang untuk memilih destinasi tertentu. Hingga akhirnya keputusan pun diambil dan kami sekeluarga sepakat untuk menginjakkan kaki ke Korea Selatan, Negeri Gingseng yang sangat eksotis. 

Kami memutuskan untuk melakukan jalan-jalan sendiri alias Traveling Mandiri ke Korea Selatan selama 15 hari tanpa sama sekali menggunakan agen biro perjalanan. Kami berangkat sekeluarga yaitu saya, istri dan anak-anak (Si Abang 9 tahun, Si Kakak 7 tahun ) en baby kami (23 bulan). Dan untuk keberangkatan bersama kami kali ini, yaitu Papa dan Mama, serta adik kami juga ikut berangkat beserta kami dari Medan ke Korea Selatan.

Alhamdulilah, pada Traveling Mandiri ke Korea Selatan kemarin sejak 18 Desember 2016 - 01 Januari 2017 kami berhasil mengunjungi kota Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan. Negara Korea Selatan adalah pilihan utama destinasi liburan bagi kebanyakan orang Indonesia. Di samping disebabkan demam K-Drama dan K-Pop yang melanda tanah air, ternyata dari Indonesia, Korea Selatan tidak begitu jauh untuk dijangkau. Perbedaan waktunya pun tidak terpaut banyak. 

Kita tidak akan menyesal mengunjungi Korea Selatan, karena negeri ini menawarkan keunikan budaya yang sangat menarik dimana terdapat banyak tradisi, inovasi serta kehidupan tradisional dan modern yang saling berdampingan. Selain itu banyak juga lho bangunan peninggalan bersejarah yang bisa kita kunjungi selama disana dan Alhamdulilah kami akhirnya berhasil melakukan Traveling Mandiri menuju Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan. 
Nami Island, Seoul, Korea Selatan
21 Des 2016


Perjalanan ke Korea Selatan ini merupakan salah satu pengalaman kami yang paling ‘menarik’ sekaligus ‘menantang’ dari serangkaian perjalanan yang sudah pernah kami lakukan ke berbagai tempat wisata lainnya. Dan ini merupakan perjalanan kami yang kesekian kalinya dengan membawa serta semua anak-anak kami untuk berlibur. 

Bagi kami, Korea Selatan ternyata tidak hanya terkenal akan keunikan budayanya, namun juga pesona indah alamnya dapat membuat para wisatawan betah berlama-lama berlibur di Korea Selatan. Ya seperti kami sendiri, kami memutuskan sampai 15 hari berada di Korea Selatan. 

Jika Anda mengunjungi Seoul, Anda bisa singgah di Nami Island yang sangat terkenal dan memiliki pemandangan yang sangat cocok untuk mengabadikan momen berlibur Anda ke Korea Selatan. Selain itu kita juga bisa mengunjungi Seoraksan Mountain di Sokcho, atau ke Jeju Island ataupun Busan yang juga sudah memiliki banyak penggemar di dunia.
Seoraksan National Park, Seoraksan Mountain, Sokcho, Korea Selatan
25 Des 2016


Seperti di banyak negara Asia lainnya, ternyata masyarakat Korea Selatan juga terkenal akan keramahan dan kebaikan hati untuk saling menolong lho terutama kepada para wisatawan yang berkunjung. Nah bagi Anda yang ingin berlibur ke Korea Selatan, tak perlu khawatir lagi untuk membaur dengan masyarakat yang menyenangkan tersebut.

Selain masyarakat Korea Selatan yang terkenal ramah, kami juga tertarik untuk mencoba banyak rasa dan ragam makanannya, tidak ada salahnya kan berlibur ke Korea Selatan untuk mencicipi cita rasa masakan Korea asli yang Halal nan menggugah selera tersebut ?.  

Berbelanja di Korea Selatan juga merupakan salah satu pengalaman yang menarik. Di kota besar seperti Seoul, kita bisa dengan mudah menumpahkan hasrat berbelanja di tiap waktunya karena disana terdapat banyak pusat perbelanjaan yang luar biasa dan cocok untuk segala selera dan kantong Anda. 
1100 Highland, Jeju Island, Korea Selatan
27 Des 2016


Disini saya akan memberitahu tentang persiapan kami untuk menuju ke Korea Selatan dengan melakukan perencanaan perjalanan sendiri ke negeri Ginseng atau Insam ini. 

Dengan perencanaan yang bagus, kita bisa menghemat cukup banyak uang namun tetap dapat mengunjungi tempat-tempat yang sama dengan yang didatangi bila menggunakan paket tour, bahkan mungkin dengan jadwal yang lebih leluasa, mengingat liburan ini kami membawa serta anak-anak. 

Jadi Traveling Mandiri ke Korea Selatan bisa kita lakukan, dan kita akan menemukan jauh lebih banyak hal yang menyenangkan dan hal menarik menanti kita di sana tanpa harus takut untuk berpindah dari satu kota ke kota lainnya.  
Haeundae Beach, Busan, Korea Selatan
30 Des 2016 



Berikut ini adalah beberapa persiapan yang kami lakukan untuk menuju ke sebuah negara yang sangat terkenal dan benar-benar segala sesuatunya sedang digandrungi, khususnya bagi anak muda jaman sekarang yaitu Korea Selatan. Kali ini kami akan berkunjung ke kota Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan.

Berburu Tiket Pesawat ke Korea Selatan
Saat ini sudah tersedia berbagai aneka penerbangan dengan beragam maskapai yang melayani penerbangan dari Indonesia ke Negeri Ginseng Korea Selatan (Korsel). Harganya pun bervariasi, tergantung dari fasilitas yang ditawarkan. Kita tinggal pilih saja sesuai budget yang tersedia.

Untuk traveling dari Tanah Air Indonesia ke Korea Selatan, pesawat rasanya menjadi transportasi yang paling tepat dan cepat. Baik penerbangan langsung maupun transit sudah tersedia. Begitu pula dengan kelas penerbangannya, ada yang ekonomi hingga bisnis.

Sedangkan untuk pembelian tiket pesawatnya sendiri, selain membeli di agen resmi perusahaan penerbangannya langsung, masyarakat dapat juga mencari tiket di agen perjalanan. Biasanya, harga tiket yang ditawarkan agen perjalanan akan lebih mahal. 

Korsel punya banyak bandara, tapi yang paling utama dituju turis mancanegara untuk tempat kedatangan di Korea Selatan yaitu Bandara Internasional Incheon yang terletak di kota Incheon dan Bandara Internasional Gimhae yang terletak di kota Busan. Cukup banyak pilihan maskapai yang dapat mengantar traveler dari Indonesia menuju ke kedua Bandara tersebut.

Untuk penerbangan dari Medan ke Korea Selatan seperti kami ini, maka untuk low budgetnya bisa menggunakan maskapai berjenis LCC (Low Cost Carriers) dengan catatan harus beli tiket berjenis promo jauh-jauh hari, karena kalau tidak promo, harganya tidak terlalu jauh berbeda dengan maskapai berjenis Full Services. 

Rencana kami pergi ke Korea Selatan ini di mulai ketika si pesawat merah AirAsia mengadakan promo. Pada saat itu kami memutuskan untuk mengambil tiket langsung dari Medan untuk Pergi dan Pulang. Pencarian tiket pesawat dari Medan ke Korea Selatan ini kami lakukan pada awal tahun 2016. Untuk budget airlines, Anda tidak harus beli pulang pergi ke bandara yang sama. Gunakan metode ala-ala open-jaw seperti setiap kali kami berpergian.  

Jadi misalkan pergi dari Bandara Kualanamu (KNO) Medan ke Bandara Internasional Incheon (ICN), lalu pulangnya dari Gimhae International Airport (PUS) ke Bandara Kualanamu (KNO) Medan. Juga tidak harus pergi pulang pakai airlines yang sama, tergantung promo dan harga lah !

Pergi kami berangkat dari Medan Kualanamu (KNO) ke Bandara Internasional Incheon (ICN) dengan transit di Kuala Lumpur (KUL) lalu pulangnya kami dari Gimhae International Airport (PUS) ke Medan Kualanamu (KNO) dengan transit juga di Kuala Lumpur (KUL). 

Tiket promo ini kami beli untuk periode terbang pada 18 Des 2016 - 01 Jan 2017. Kami sengaja memilih tiket pesawat masuk dari Bandara Internasional Incheon (ICN) dan keluar dari Gimhae International Airport (PUS). Ini lebih menguntungkan, karena kami bisa mengeksplore kota-kota di Korea Selatan, tanpa harus bolak-balik ke satu kota hanya untuk datang dan pulang dari satu bandara saja.   

Jadwal awal penerbangan AirAsia AK 395 dari Medan - Kualanamu (KNO) pada tanggal 18 Des 2016, jam 20.20 PM (08.20 PM) dan diperkirakan akan sampai di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada 18 Des 2016, jam 22.20 PM (10.20 PM). Lalu transit di KLIA2 selama 9 jam 35 menit. Lalu dengan penerbangan AirAsia D7 504 dari Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada 19 Des 2016, jam 08.00 AM (08.00 AM) dan di perkirakan sampai di Incheon International Airport (T1) (ICN) Seoul pada 19 Des 2016, jam 15.20 PM (03.20 PM). 

Untuk tiket pulangnya dengan AirAsia D7 519 dari Gimhae International Airport (PUS) Busan pada tanggal 01 Jan 2017, jam 10.35 AM (10.35 AM) dan diperkirakan akan sampai di Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada 01 Jan 2017, jam 15.55 PM (03.55 PM). Lalu transit di KLIA2 selama 1 jam 35 menit. Lalu dengan penerbangan AirAsia AK 392 dari Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada tanggal 01 Jan 2017, jam 17.30 PM (05.30 PM) dan di perkirakan sampai di Medan - Kualanamu (KNO) pada 01 Jan 2017, jam 17.30 PM (05.30 PM).

Ini semua adalah awal rencana perjalanan kami, tetapi pada Agustus 2016 untuk tiket pergi dan pulang kami mengalami perubahan jadwal. Saat pergi jadwal penerbangan AirAsia D7 504 dari Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada 19 Des 2016, dimajukan menjadi jam 07.30 AM (07.30 AM) dan di perkirakan sampai di Incheon International Airport (ICN) Seoul pada 19 Des 2016, jam 14.50 PM (02.50 PM). Juga untuk tiket pulang kami mengalami perubahan dari jadwal penerbangan semula. Jadwal dari Kuala Lumpur International Airport 2 (KLIA2) pada tanggal 01 Jan 2017, berubah menjadi jam 20.00 PM (08.00 PM) dan di perkirakan sampai di Medan - Kualanamu (KNO) pada 01 Jan 2017, jam 19.55 PM (07.55 PM).

Sebenarnya kami bisa mereschedule semua jadwal kepergian dan kepulangan kami, dan semuanya bebas tanpa dikenakan biaya tambahan. Tetapi menurut kami jadwal baru ini juga sudah sesuai, jadi kami tidak melakukan reschedule jadwal penerbangan kembali.  

Untuk harga tiket pesawatnya sendiri, penerbangan dengan harga paling ramah kantong, maskapai budget AirAsia kelas ekonomi punya beberapa penerbangan dengan 1 kali transit dan tiba keesokan harinya. Keberangkatan dari Medan sudah mulai ada sejak pukul 06.25 WIB hingga malam hari pukul 20.20 WIB. Demikian juga kepulangan dari Korea Selatan, cukup banyak penerbangan untuk sampai ke Medan. Harganya mulai dari Rp 2.000.000 – 3.000.000 per orang untuk sekali jalan dari Medan ke Korea Selatan atau sebaliknya. 

Total harga tiket pergi kami untuk 5 orang dewasa, 2 orang anak-anak dan 1 orang bayi dari Bandara Kualanamu (KNO) Medan ke Bandara Internasional Incheon (ICN) yang berhasil kami beli adalah Rp. 14.754.000. Sedangkan total harga tiket untuk kepulangan kami semua dari Gimhae International Airport (PUS) ke Bandara Kualanamu (KNO) Medan adalah 1.378.000 Won Korea (KRW). Pada saat kami pergi ini nilai tukar 1 Won Korea (KRW) = 11,85  Rupiah Indonesia (IDR). Jadi total biaya tiket pulang kami sebesar 1.378.000 x 11,85  = Rp. 16.329.300. Dan semua harga tiket pesawat ini tanpa ada bagasi. Artinya bila kita bawa bagasi, maka kita harus menambah biaya pembelian bagasi.  

Dari berbagai penerbangan yang ada, traveler tinggal memilih sesuai tanggal liburan dan budget. Sebaiknya, pesanlah tiket sejak jauh-jauh hari supaya harga tiket yang didapat bisa lebih murah ya.
Bookingan Tiket Pergi Kami

Bookingan Tiket Pulang Kami



Jadwal Perjalanan / Itinerary
Mengatur jadwal perjalanan selama berwisata adalah memang tugas saya setiap berpergian keluarga kami. Jadwal perjalanan ini harus dibuat secara terperinci, jadi jauh-jauh hari kami sudah mempersiapkannya. 

Merencanakan perjalanan dengan baik ke luar negeri selalu diawali dengan merencanakan rute perjalanan kemana saja yang akan dilalui dan berapa lama durasi yang dibutuhkan untuk berpindah dari satu kota ke kota lainnya. Ini akan berhubungan erat dengan berapa lama kita akan memesan penginapan di masing-masing kota tujuan kita.

Selain itu juga menyusun jadwal perjalanan ini merupakan hal yang sangat vital terutama dalam hal menghitung budget biaya perjalanan sebelum melakukan sebuah perjalanan secara mandiri. 

Dengan adanya jadwal perjalanan ini, setidak-tidaknya kami akan mempunyai gambaran mau kemana tujuan kami, tempat-tempat apa yang akan kami kunjungi, berapa lama kami di suatu kota dan transportasi apa yang akan kami gunakan serta taksiran biaya yang akan kami keluarkan selama perjalanan ini. 

Karena ini merupakan Traveling Mandiri, jadi tujuan dari perjalanan kami ini tidak hanya untuk sampai di tujuannya, tetapi juga untuk menemukan semua kesenangan yang ada di tempat wisata tersebut. Dan selama 15 hari di Korea Selatan, kami berkesempatan mengelilingi 4 kota yaitu Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan.
Rute Perjalanan Kami di Korea Selatan menuju kota Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi perjalanan kami kemarin, saya dapat menarik kesimpulan bahwa wisata kota Seoul itu didominasi dengan wisata sejarah mengunjungi Palace (Istana) dan juga area tempat Shopping yang jumlahnya sangat banyak, wisata kota Sokcho itu wisata alam untuk hiking, wisata kota Jeju sangat terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah yang selalu menjadi setting dalam drama-drama Korea, sedangkan wisata kota Busan merupakan kota yang ramai dan menyuguhkan pemandangan tepian laut yang indah dan menakjubkan.

Berikut ini adalah Itinerary kami selama berkunjung ke Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan.
Itinerary Korea Selatan

Itinerary Korea Selatan


Itinerary Korea Selatan


Itinerary Korea Selatan


Itinerary Korea Selatan


Itinerary Korea Selatan


Itinerary Korea Selatan


Itinerary Korea Selatan




Selama kami berkunjung ke Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan, kami menyusun Itinerary ini banyak mendapat informasi dari internet. Beberapa situs yang sering kami gunakan sebagai bahan bacaan antara lain : 

Korea Tourism Organization (KTO) Official Website (http://english.visitkorea.or.kr). Semua hal mengenai Korea Selatan ada disini. 


Jeju Island Official Website (http://www.jejutour.go.kr/) 



Busan Tourism Organization (BTO) Official Website (www.bto.or.kr)


Passport
Untuk Passport harus masih memiliki masa berlaku minimal 6 bulan. Pernyataan ini jelas tercantum di syarat dokumen dasar pada saat akan mengajukan visa. Kebetulan semua masa berlaku Passport kami masih panjang, sehingga untuk urusan Passport ini tidak ada masalah.




Visa
Sebelum mengajukan visa Korea ini, sebenarnya jauh-jauh hari saya sudah membuka Website Resmi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia. Untuk Kedutaan Besar Korea di Indonesia itu adanya di Jalan Jenderal Gatot Subroto Kav. 57 Jakarta 12950, Indonesia, sedangkan kami tinggal dan menetap di Medan. 

Maka sebagai anak Medan yang jauh dari kedutaan Korea di Indonesia, permasalahan saya adalah tidak bisa mengurus sendiri visa Korea ke Jakarta, jika bisapun biayanya pasti akan mahal karena harus mengantarkan berkas dan mengambil visa dengan hari yang berbeda, intinya mau tidak mau saya harus mengurusnya melalui Travel Agent. 

Kali ini untuk pengajuan dan pembuatan visa Korea, saya memakai jasa travel agent yang ada di kota Medan. Waktu itu pada 03 Oktober 2016 saya menelepon terlebih dahulu travel agentnya, kemudian diterima oleh pihak bagian visa. Setelah menanyakan persyaratannya dan besar biaya per Passport, kemudian secara cepat saya mempersiapkan semua syarat-syarat yang di perlukan.  

Syarat-syarat Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-9) Korea Selatan ini bisa dilihat di Website Resmi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia. Saran saya, meskipun pengajuan visa Korea ini melalui travel agent, tetapi tidak ada salahnya buka-buka Website Resmi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia ini, sehingga nantinya saat akan mengantarkan berkas ke travel agent kita cukup satu kali datang saja tidak perlu bolak balik lagi, karena masih ada berkas yang tertinggal. 
Website Resmi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia

Website Resmi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia

Website Resmi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia

Website Resmi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia


Setelah semua dokumen disiapkan, maka pekerjaan selanjutnya adalah saya langsung mengantar semua berkas kami ke travel agent. Maka pada 06 Oktober 2016 saya datang ke pihak travel agentnya untuk mengantarkan semua persyaratan yang di perlukan untuk pembuatan Visa Korea ini. Semua berkas diterima, lalu proses pengurusanya melalui travel agent ini adalah selama 14 hari kerja. 

Menurut informasi dari travel agent, visa pasti akan disetujui jika melampirkan kelengkapan berkas sesuai persyaratan yang tertulis di Website Resmi Kedutaan Besar Republik Korea di Indonesia (tanpa nawar yach, karena sifatnya mutlak). Tapi bagi saya, tetap saja yang namanya apply visa ke sebuah kedutaan besar negara lain membawa getar dan rasa kuatir tersendiri. Kekuatiran itu biasanya standard : Takut ditolak ! Karena memang adalah hak ‘prerogatif’ pihak negara yang dituju untuk menolak masuk seseorang, apapun alasannya. Dan memang biasanya, pihak kedutaan tidak akan pernah memberitahu alasan penolakan pemberian visa meskipun semua berkas dan persyaratan lengkap.

Selama penantian ini bikin jantung deg-degan, bikin hidup tidak tenang, nafsu makan terus meningkat (upsss), sering mules-mules Khe... Khe... Khe... Maklum ini adalah kali pertama kami mengurus Visa perjalanan kami melalui  travel agent. Jadi tetap ada rasa was-was menghantui. (Serem amat) 

Tetapi akhirnya penantian panjang ini pun berbuah manis. Karena pada 28 Oktober 2016 saya mendapat telepon dari travel agent yang menyatakan visa kami semua sudah bisa diambil. Berita gembira tersebut, rasanya campur aduk luar biasa senangnya, akhirnya kami sukses mendapatkan visa Korea dan kami semua siap meluncur ke Negri Kimchi Korea Selatan. 

Biaya Pembuatan Visa ini untuk Single Visa (Visa kunjungan dibawah 90 hari) Visa Kunjungan Wisata dan Wisata Keluarga (C-3-9) itu adalah sebesar Rp. 544.000 per Passport (update mulai 01 Oktober 2015) dan saat itu kami berangkat 8 orang. Melalui travel agent ini kami dikenakan biaya Rp. 675.000 per Passport. Jadi terdapat selisih sebesar Rp. 131.000 per Passport. 

Hitungan ekonominya Rp. 131.000 x 8 orang  = Rp. 1.048.000 adalah keuntungan yang diambil travel agent dari pengurusan visa kami ini. Tetapi ini menurut saya jauh lebih hemat jika di banding saya harus mengurus sendiri dan harus berangkat ke Jakarta. Karena uang Rp. 1.048.000 ini hanya akan dapat 1 buah tiket perjalanan pergi saja naik pesawat untuk 1 orang dari Medan ke Jakarta. Sedangkan ongkos pulang belum termasuk ya. Jadi menurut saya pengurusan Visa Korea untuk anak daerah yang jauh dari kedutaan Korea di Indonesia lebih hemat bila melalui travel agent. Ini menurut saya ya...

Dan melalui travel agent ini, semua biaya pembuatan visa kami ini di bayar pada saat visa sudah selesai. Meskipun sebenarnya kita harus tetap membayar biaya visa ke travel agent apabila visa dibatalkan proses pengajuannya atau visa ditolak oleh pihak Kedubes Korea (tidak dapat dikembalikan ya….)

Akhirnya saya menerima 8 buah Passport yang pada halaman kosong tiap Passport kami sudah tertempel visa Korea Selatan. Kali ini benar-benar sudah terbuktikan bahwa kami telah mendapat visa Korea Selatan. Tertulis jelas bahwa ini adalah Visa kunjungan 90 hari, dengan Single Visa dan tanggal paling lambat untuk bisa masuk Korea. Yaiiiiy… Akhirnya ! Jadi deh pergi ke Korea Selatan !
Visa Korea Selatan Kami 



Biaya Perjalanan
Nilai tukar pada saat kami pergi ini adalah 1 Won Korea (KRW) = 11,85  Rupiah Indonesia (IDR). Untuk perjalanan kali ini, prioritas pengeluaran kami sama seperti perjalanan-perjalanan sebelumnya. Prioritas pengeluaran tersebut meliputi biaya :
1. Tiket pesawat pergi dan pulang langsung dari Medan
2. Visa
3. Penginapan
4. Makan
5. Transportasi
6. Tiket masuk ke tempat wisata
7. Biaya bagasi
8. Tiket pesawat domestik pergi dari Seoul ke Jeju lalu pulangnya dari Jeju ke Busan
9. Oleh-oleh (kayaknya inilah yang paling Banyakkkkkkk..... biaya tak terduganya)
Dari semua ini, biaya Tiket Pesawat, Penginapan, Makan, Transportasi dan Biaya Bagasi yang lumayan besar pengeluarannya. 

Berlibur disaat low season, maka tiket pesawat akan jauh lebih murah, jumlah turis ditempat-tempat wisata akan lebih sedikit, kepadatan di kereta tidak berjubel dan harga Penginapan sedikit lebih murah. Sedangkan untuk Transportasi di Korea Selatan luar biasa banyak pilihannya, maka sebaik mungkin rancang Transportasi apa yang akan digunakan selama di Korea Selatan.

Untuk masalah bagasi, berhubung maskapai budget AirAsia kelas ekonomi tidak memberikan bagasi untuk penumpangnya, maka setelah visa berhasil kami peroleh, barulah kami kembali membeli bagasi untuk keberangkatan dan kepulangan kami semua. 

Untuk total berat bagasi yang kami pilih saat pergi dari Bandara Kualanamu (KNO) Medan ke Bandara Internasional Incheon (ICN) untuk 4 penumpang @ 20 kg total biayanya adalah Rp. 2.055.000. Lalu untuk pulangnya dari Gimhae International Airport (PUS) ke Bandara Kualanamu (KNO) Medan untuk 6 penumpang @ 20 kg total biayanya adalah Rp. 4.573.949. 
Biaya Bagasi dari Bandara Kualanamu (KNO) Medan ke Bandara Internasional Incheon (ICN)

Biaya Bagasi dari Gimhae International Airport (PUS) ke Bandara Kualanamu (KNO) Medan


Cashbee 
Untuk transportasi lokal selama di Korea Selatan, sangat wajib membeli kartu sakti yang namanya Tmoney atau Cashbee. Tmoney atau Cashbee adalah kartu transportasi yang dapat digunakan pada bus umum dan kereta bawah tanah di beberapa kota dan lokasi kota metropolitan yang berbeda di seluruh negara Korea. Dengan kartu transportasi ini, wisatawan dapat menghemat kerumitan membeli tiket kereta bawah tanah untuk setiap perjalanan dan wisatawan juga dapat menikmati diskon perjalanan selama transfer dari satu bus ke bus lain, satu jalur kereta bawah tanah ke jalur lain, atau dari bus ke kereta bawah tanah atau sebaliknya.

Selama di Seoul, Sokcho, Jeju, Busan untuk transport lokalnya kami selalu menggunakan Cashbee sebagai alat pembayaran. Jadi nanti kami untuk pembayaran subway atau bus tidak perlu repot harus menyiapkan uang tunai lagi, dan Cashbee ini juga bisa buat belanja hampir di semua minimarket di Korea Selatan. 

Area penggunaan Cashbee ini sangat luas. Untuk penggunaan di seluruh subway di Seoul dan Busan, Cashbee ini sangat membantu kami sekali. Begitu juga untuk penggunaan Cashbee pada bus, Cashbee ini bisa di gunakan diseluruh Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan.

Lokasi penjualan Cashbee ini bisa kita temukan di toko swalayan (GS25, CU, 7-Eleven, Ministop, With Me, Buy The Way, Story Way, dll.). Untuk memudahkan membelinya, maka setiap toko swalayan tersebut akan mencantumkan logo Cashbee di area penggunaannya. 

Pada saat ini kami memutuskan untuk membeli 7 buah kartu Cashbee. Harga Cashbee per kartunya adalah 2.500 won. Kami membeli 5 kartu Cashbee dewasa dan 2 kartu kartu Cashbee anak-anak. Untuk anak-anak dan remaja berhak mendapatkan diskon pelayan saat menggunakan bus dan subway setelah pendaftaran tanggal lahir mereka di lokasi ritel pada saat pembelian kartu. Diperlukan ID / passport untuk registrasi. Apabila orang dewasa yang memanfaatkan hak istimewa diskon anak-anak dan remaja, maka akan dikenakan denda 30 kali atau lebih dari harga kartu.
Cashbee

Cashbee


Cashbee ini mudah sekali untuk di reload dan refund. Untuk reload dan refund dapat di lakukan di semua lokasi pengecer / toko swalayan dan perangkat isi ulang kartu di dalam stasiun kereta bawah tanah. Perlu diingat, bahwa pada saat refund harga kartu dan biaya layanan sebesar 500 won tidak dapat dikembalikan. Wisatawan disarankan untuk memuat kartu mereka dalam jumlah kecil saja, karena proses pengembalian uang lebih dari 50.000 won dapat menjadi rumit dan memakan waktu. Cashbee yang kami beli ini saldonya masih kosong ya, dan kami harus Top Up Saldo nya. Saat itu kami langsung men Top Up Saldo sebesar 10.000 won per kartu. 
Top Up Saldo Cashbee



Ketika digunakan untuk transportasi umum di Seoul, diskon transfer tersedia. Jumlah diskon dibatasi hingga empat kali sehari, dalam batas waktu transfer 30 menit (hingga 1 jam dari 21.00 hingga 07.00 hari berikutnya). Namun, diskon transfer tidak akan berlaku jika transfer ke bus bernomor yang sama atau masuk kembali ke stasiun kereta bawah tanah yang sama dalam 30 menit. 

Cara penggunaan Cashbee pada beberapa moda transportasi yang banyak kami gunakan selama di Korea Selatan :

Bus
Saat naik bus, letakkan kartu Anda pada sensor yang terletak di depan bus sampai terdengar bunyi bip. Sensor akan menampilkan jumlah yang dibebankan di bagian atas dan sisa saldo di bagian bawah. Sebelum turun dari bus, letakkan kartu transportasi ini pada sensor yang terletak di pintu belakang bus sampai berbunyi bip. Jika Anda tidak mengetuk / mengtap kartu Anda pada sensor ketika Anda turun dari bus, Anda tidak akan dapat memperoleh manfaat / keuntungan dari diskon transfer.

Subway / Kereta bawah tanah
Tempatkan kartu Anda pada sensor yang terletak di atas pintu pagar kereta bawah tanah sampai terdengar bunyi 'bip'. Sensor akan menampilkan jumlah yang dibebankan di bagian atas dan sisa saldo di bagian bawah. Jika Anda transfer, jumlah biaya mungkin muncul sebagai "0" (nol). Setelah tiba di tujuan Anda, ketuk kartu Anda di sensor pintu untuk keluar.

Untuk penggunaan Cashbee ini selain tarif anak, remaja dan dewasa yang berbeda, maka penggunaan Cashbee ini juga memberikan keuntungan lebih murah bila dibandingakan kita membayar Cash / tunai yang jatuhnya akan lebih mahal pada saat kita naik bus atau subway. Bagian terbaik dari layanan ini adalah layanan ini tersedia bagi semua warga negara dan pengunjung internasional, memungkinkan setiap orang yang menggunakan kartu transportasi untuk menghemat 100 won setiap perjalanan, berdasarkan tarif dewasa, dibandingkan dengan membayar dengan uang tunai, serta menerima diskon saat mentransfer
Informasi tarif transportasi



Transportasi
Banyak jenis sarana trasportasi di Korea Selatan. Jadi sebelum berangkat sempatkan mempelajari transportasi yang akan di gunakan selama disana. Tidak semua jenis transportasi harus dipelajari, jadi fokus pada daerah yang akan di kunjungi, cara menuju ke objek wisata tersebut dan transportasi apa yang harus digunakan. Selama kami di Korea Selatan kami menggunakan kombinasi transportasi antara subway, bus dan Private Minivan Rental khusus di Jeju. 

Subway  
Berbagai kota di seluruh dunia, terutama di negara maju, pasti akan menghandalkan kereta bawah tanah atau subway sebagai transportasi massal atau Mass Rapid Transportation. Tidak terkecuali di Korea Selatan, yang konon subwaynya termasuk salah satu yang tercanggih di dunia. 

Sistem subway Seoul sudah mulai dibuat tahun 1971 dengan bantuan Jepang. Layanan MRT dibuka pertama kali di tahun 1974. Kini, subway Korea Selatan menjadi salah satu MRT tersibuk di dunia, namun tetap nyaman, efisien dan tepat waktu. 

Sistem subway / Kereta bawah tanah berfungsi sebagai sarana transportasi yang nyaman sebagai transportasi umum yang paling disukai oleh warga Korea dan pengunjung internasional. Kereta bawah tanah Korea Selatan saat ini tersedia di lima kota besar termasuk Wilayah Metropolitan Seoul, Busan, Daegu, Daejeon dan Gwangju. Jalur kereta bawah tanah ini diberi kode warna untuk kenyamanan, memungkinkan penumpang menggunakan kereta bawah tanah dengan mudah.  
Seoul Metropolitan Subway Map
Busan Metropolitan Subway Map


Semua jalur subway di Korea Selatan telah digalakkan pembayaran dan pemandu melalui aplikasi smartphone yang mudah dan cepat.

Sebelum berkunjung ke Negeri Gingseng, Korea Selatan, maka ada baiknya anda download Jihachul - android app. dari google playstore. Ini merupakan Subway Korea on the App Store - iTunes – Apple. Anda harus memiliki aplikasi ini untuk menavigasi Subway (Kereta bawah tanah) di Seoul, Busan, Daegu, Daejeon dan Gwangju. 

Aplikasi ini dapat bekerja secara “Offline”, sehingga Anda tidak perlu memiliki WiFi. Jadi Aplikasi untuk Transportasi  Subway jenis Jihacul ini adalah FREE. Aplikasi Jihachul ini akan menunjukkan arah subway yaitu stasiun tempat naik (Depart from), stasiun tempat turun (Arrive at), jadwal kereta, station info, exit info, jumlah subway station yang akan dilalui, stasiun transit, stasiun pemberhentian sebelum dan stasiun selanjutnya (stop by), masa perjalanan, harga tiket perjalanan dan aplikasi ini tersedia dalam bahasa Inggris. Boleh dikatakan hampir semua pengguna subway Korea ada apps ini seperti yang saya perhatikan saat di stasiun subway atau dalam train. 

Di stasiun subwaynya sendiri terdapat petunjuk dari stasiun apa di mulai, ke stasiun apa, stasiun transit yang ada hingga ke stasiun akhir dengan tulisan huruf roman-nya. Itu sangat membantu buat yang nggak bisa baca hangul (Korean alphabet). 
Aplikasi Jihachul 


Subway merupakan transportasi utama dan cara paling mudah untuk keliling selama wisata di Seoul dan Busan. Jadi untuk mempermudah perjalanan kami, bisa dikatakan aplikasi Jihachul ini merupakan aplikasi yang paling sering saya gunakan. Hampir setiap tempat wisata atau pusat perbelanjaan di Seoul dan Busan dapat dicapai dengan mudah menggunakan subway. Dan selama menggunakan aplikasi Jihachul anda akan aman tidak tersesat selama berwisata di Korea Selatan. 
Seoul Station

Busan Station


Cara menggunakan aplikasi Jihachul ini cukup mudah. Pada saat masuk aplikasi Jihachul ini, kita akan diperlihatkan menu pilihan peta stasiun subway di kota Seoul, Busan, Daegu, Daejeon dan Gwangju. Pilihlah jalur subway kota yang ingin kita jelajahi. 

Setelah memilih kota, lalu untuk mengetahui jumlah biaya serta lama perjalanan, tinggal pencet lingkaran stasiunnya. Klik stasiun tempat kita berangkat, sebuah pilihan menu akan muncul, dan klik “Depart From”. Selanjutnya tentukan stasiun yang akan jadi tujuan kita, klik stasiunnya, dan klik “Arrive At”. Setelah selesai, aplikasi Jihachul ini akan secara otomatis mengkalkulasikan lama perjalanan serta biayanya. Kita juga dapat melihat rute stasiun apa saja yang dilewati di petanya. Stasiun yang dilewati akan berkelip blinking. 

Secara default, aplikasi Jihachul ini akan memilihkan rute tercepat (Fastest) untuk sampai di tujuan. Tapi kita juga bisa mengganti rute apabila tidak sesuai keinginan kita dengan klik stasiun yang diinginkan di tengah-tengah rute. Rute baru akan terbentuk sesuai pilihan stasiun kita. Apabila kita perlu pindah (transfer) kereta, kita bisa lihat keterangannya di “Transit Info”. 
Contoh penggunaan Aplikasi Jihachul


Jadi wajar saja kalau kereta bawah tanah Korea Selatan adalah satu-satunya di dunia yang dibekali konektivitas masa kini. Tidak perlu khawatir untuk mengakses internet, pelayanan gratis di berikan secara percuma misalnya aplikasi Jihachul ini, meskipun sebenarnya fasilitas koneksi cepat 4G LTE dan WiFi disediakan di seluruh kereta dan stasiun Korea Selatan. 

Selain konektivitas gratis ini, maka untuk kenyamanan penumpang, ada televisi yang menayangkan hiburan dan beragam informasi juga di sediakan. Disematkan juga pengontrol iklim. Jadi selama musim dingin misalnya, secara otomatis kursi penumpang tetap hangat.

Transportasi subway ini juga sangat nyaman untuk segala usia. Para anak-anak dan lansia bahkan mereka dengan kebutuhan khusus bisa naik subway ini. Karena nyaman, aman, cepat, praktis dan ekonomis maka hampir semua warga Korea dan turis menempatkan transportasi umum ini sebagai pilihan utama.
Seoul Metropolitan Subway



Bus Kota 
Jujur kacang ijo, selama di Seoul, Sokcho dan Busan untuk jalan-jalan kami banyak menggunakan bus. Selain karena jalan ke halte bus lebih dekat daripada ke stasiun, dengan bus kami juga bisa menikmati pemandangan kota. 

Di Korea, bus kota adalah salah satu sarana transportasi yang paling mudah dan selalu tersedia. Di seluruh negeri, bus kota menyediakan cara mudah untuk mencapai tujuan apa pun, dengan warna atau angka khusus untuk menetapkan setiap rute. 

Bus di Seoul diklasifikasikan berdasarkan warna untuk menunjuk jenis bus : bus biru melakukan perjalanan di jalan-jalan utama dan berlari untuk jarak yang relatif jauh melalui Seoul; bus hijau melakukan perjalanan jarak pendek dan membawa wisatawan antara titik transfer seperti stasiun kereta bawah tanah dan ke rute bus yang lebih panjang; bus merah adalah bus ekspres yang melakukan perjalanan dari Seoul ke daerah pinggiran kota; bus kuning beroperasi di sirkuit tertutup di distrik Seoul (circulation bus) dan juga tersedia Night Bus (Bus malam). 
Bus in downtown Seoul


Mempromosikan sistem manajemen yang efisien ini, banyak daerah lain di Korea juga telah memperkenalkan sistem bus yang serupa untuk memastikan ketepatan waktu transportasi umum.

Perjalanan panjang dari Seoul ke Sokcho yang berjarak sekitar 190 km juga kami tempuh dengan menggunakan transportasi bus yang cukup nyaman dan aman. Kita bisa berangkat dari Seoul Express Bus Terminal menuju ke Sokcho Express Bus Terminal. Perusahaan otobus yang kami gunakan bernama Dongbu Express. Perjalanan bus dari Seoul ke Sokcho nyaman banget, serius, sumpah, benaran loh !!!
Bus in downtown Sokcho


Jadi selain di Seoul, selama di Busan pun kami juga menggunakan transportasi bus kota. Busan mengoperasikan sistem bus yang luas dengan tiga jenis bus : bus lokal, lintas negara / cross-country dan airport buses. Bus lokal juga menawarkan tiga pilihan yaitu : city bus, city express dan late night. 
Bus in downtown Busan


Selama menggunakan bus di Korea, maka tarif bus dapat dibayar dengan uang tunai atau kartu transportasi ketika naik. Jika menggunakan kartu transportasi, penumpang bisa mendapatkan diskon transfer ketika berganti ke sistem kereta bawah tanah atau jalur bus lain. Transfer gratis jika Anda menggunakan kartu transportasi dalam 30 menit setelah turun dari moda transportasi pertama. 

Untuk menerima diskon, pastikan untuk menyadap / mentap kartu Anda pada mesin pembaca kartu di pintu keluar yang ada di belakang sebelum turun dari bus. Karena penumpang yang membayar dengan uang tunai tidak dapat menerima diskon transfer, sehingga ongkos tunai lebih tinggi dari tarif kartu transportasi. Dan bayar bus dengan menggunakan uang tunai harus uang pas, karena dimasukkan ke kotak langsung, tanpa tersedia kembalian. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan kartu transportasi. 

Penumpang dapat melakukan transfer dua kali (maksimal tiga moda transportasi). Cara Mentransfer : Hingga 2 transfer diizinkan, masing-masing jika dalam 30 menit dari saat Anda turun dari sarana transportasi sebelumnya. Pada rute di mana layanan bus kurang sering, melebihi 30 menit, maka diskon transfer akan tersedia dalam waktu 60 menit setelah keluar dari sarana transportasi sebelumnya. 

Saat di dalam bus, ketika Anda mendengar halte bus Anda diumumkan, tunjukkan bahwa Anda ingin turun dengan menekan tombol 'stop' di dinding bus. Pergi keluar melalui pintu belakang.

Oh ya jangan lupa, kalau nunggu bus harus di halte ya. Jangan di sembarangan tempat, jangan ngejer-ngejer bus dan dilihat juga jalur busnya. 
Bus in downtown Seoul

Ferry 
Saat berada di Korea Selatan kami juga sempat menjajal naik ferry. Tepatnya untuk menuju ke pulau nan indah dan romantis Nami Island / Naminara Republic. Jika kamu berlibur ke Korea Selatan, mungkin ini adalah salah satu tujuan wisata yang wajib untuk dikunjungi “Nami Island, Must visit place if you come to Seoul”.

Nami Island ini tentu sudah sangat akrab di telinga, terutama bagi pencinta drama Korea. Karena bagi pecinta drama Korea, serial Winter Sonata mungkin jadi pemicu atau pioneer demam K-POP. Dan yang menjadi tempat memorable di serial tersebut adalah Nami Island. 

Nami Island ini adalah sebuah pulau kecil 63 km di sebelah Timur kota Seoul. Pulau mungil berdiameter 6 kilometer dan luas area sekitar 460.000 m2 ini, berbentuk setengah lingkaran atau seperti sebuah mangkok.

Nami Island, pulau dengan pohon-pohonnya yang khas memang terlihat sangat indah dan romantis pada musim salju. Nami Island ini sangat populer, maka tidak mengherankan apabila hampir seluruh wisatawan yang datang ke Korea menjadikan Nami Island sebagai salah satu tempat yang dituju. Selain banyak wisatawan asing, Nami Island juga banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal terutama saat musim liburan dan akhir pekan. 

Letak Nami Island dari Seoul yang tidak terlalu jauh, sehingga bagi wisatawan yang berwisata dengan tidak menggunakan jasa tour guide alias Traveling Mandiri tidak perlu khawatir atau bingung untuk menuju Nami Island. 

Untuk ke Nami Island nya sendiri kami memilih naik ferry untuk menyebrangi danau. Naik ferry kita akan menyebrang dari Gapyeong Wharf ke Nami Wharf. Untuk naik ferry sendiri tiketnya (Khusus Foreigner) 8.000 won per orang untuk turis dewasa dan 4.000 won per orang untuk anak-anak (usia 3-13 tahun), itu sudah termasuk tiket Round-trip ferry fare, tax included serta tiket masuk ke Nami Island / Naminara Republic nya. 
Gapyeong Wharf

Nami Wharf



Tiket Pesawat Domestik Ke Jeju Island
Untuk ke Jeju, banyak pilihan moda transportasi dari Seoul. Tetapi yang paling praktis adalah naik pesawat, sejam sampai di Jeju. Penerbangan ke Jeju banyak sekali, bisa dicek di mesin pencari on line. Harganya juga ngak begitu mahal. Tiket pesawat domestik ke Jeju ini kami beli setelah visa Korea kami berhasil keluar. Kami membeli tiket pergi dari Seoul ke Jeju lalu pulangnya dari Jeju ke Busan ini pada tanggal 09 November 2016. 

Saat pergi dan pulang dari Jeju kami memilih terbang dengan Jeju Air. Dengan pertimbangan harga tiket Jeju Air lumayan murah termasuk bagasi 15 kg, dan websitenya mudah dimengerti. Selain itu bisa dicancel tanpa fee sama sekali sepanjang jenis tiketnya discounted fare/normal fare dan pembatalannya kurang dari 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. 

Dari Seoul kami memilih pesawat pagi menuju ke Jeju. Kami berangkat dari Seoul, Gimpo International Airport (GMP) dan akan tiba di Jeju International Airport (CJU). Dengan Jeju Air Flight 107 dari Seoul, Gimpo International Airport (GMP) 26 Des 2016, jam 09.00 AM dan di perkirakan akan tiba di Jeju International Airport (CJU) 26 Des 2016, jam 10.10 AM.
Tiket pesawat dari Seoul ke Jeju


Harga tiket perjalanan dari Seoul ke Jeju ini kami beli seharga 48.000 won untuk 1 orang dewasa, 46.000 won untuk 1 orang anak-anak dan bayi free. Total biaya tiket pesawat pergi kami ke Jeju adalah 332.000 won. 1 Won Korea (KRW) = 11,85  Rupiah Indonesia (IDR). Total  332.000 won x 11,85 = Rp. 3.934.200
Harga tiket pesawat dari Seoul ke Jeju


Sedangkan saat pulangnya kami memilih pesawat sore dari Jeju menuju ke Busan. Kami berangkat dari Jeju International Airport (CJU) dan akan tiba di Gimhae International Airport (PUS). Dengan Jeju Air Flight 512 dari Jeju International Airport (CJU) 27 Des 2016, jam 05.50 PM dan di perkirakan akan tiba di Gimhae International Airport (PUS) 27 Des 2016, jam 06.50 PM.
Tiket pesawat dari Jeju ke Busan


Total harga tiket perjalanan dari Jeju ke Busan ini kami beli juga sama seharga 48.000 won untuk 1 orang dewasa, 46.000 won untuk 1 orang anak-anak dan bayi free. Total biaya tiket pesawat pulang kami dari Jeju adalah 332.000 won (Rp. 3.934.200) sama seperti biaya pada saat perginya.
Harga tiket pesawat dari Jeju ke Busan


Thanks Allah, semua perjalanan kami bersama Jeju Air lancar, kami sangat terkesan dengan pesawatnya yang bersih, air crew nya juga ramah dan melayani dengan baik.
Jeju Air dari Seoul ke Jeju


Private Minivan Rental di Jeju Island
Untuk kenyamanan jalan-jalan di Jeju Island, kami memutuskan merental mobil saja. Kebanyakan orang merekomendasi untuk sewa mobil atau taxi, karena jarak antara tempat wisata satu dengan yang lainnya di Jeju Island cukup jauh. Ada bus umum tetapi haltenya terbatas dan ngak persis turun di depan tempat wisatanya.

Secara wisata Jeju Island kebanyakan adalah wisata alam dan untuk ke tempat wisatanya saja dari tempat parkir jalannya lumayan jauh, maka sewa mobil merupakan hal yang praktis.

Untuk masalah Private Minivan ini kami dibantu sama Mr Ko untuk mencari taxi jumbo yang muat untuk 8 orang. Pada 15 November 2016 melalui email : ksk5671@naver.com. Mr Ko memberikan harga yang telah kami sepakati untuk pemakaian Private Minivan pada tanggal 26 Desember 2016 sampai 27 Desember 2016.
Email dari Mr Ko

 

Untuk harga Private Minivan ini kami memperoleh deal di harga 180.000 won per hari atau 360.000 won selama 2 hari. 1 Won Korea (KRW) = 11,85 Rupiah Indonesia (IDR). Total 360.000 won x 11,85  = Rp. 4.266.000. Semua biaya ini dibayar pada hari kedua saat kami telah selesai menggunakan mobil tersebut. 

Penggunaan Private Minivan ini sudah termasuk biaya Pick up dari Jeju International Airport (CJU) ke Co-op Jeju Beach Hotel tempat kami menginap, lalu drop dari Co-op Jeju Beach Hotel ke Jeju International Airport (CJU) dan city tour Jeju Island untuk 9 jam per harinya. Biaya tersebut juga sudah termasuk biaya parkir, bensin dan makan siang supir yang sudah di tanggung semuanya.

Mobilnya free wifi, supirnya masih muda sekitar 30-35 tahun, pasih berbahasa inggris, sangat ramah, mobilnya bersih dan bagus. Saat berwisata di Jeju Island, supir ini pasti akan ngantarin kita sampai di tempat pembelian tiket sekalian bantu beliin tiket, juga akan mengantar kita sampai di tempat berfoto. Jadi dia fotoin kita dulu di tempat kebanyakan orang berfoto seperti di nama tempat atau nama landmarknya, setelah itu ngasih petunjuk dimana dia akan menunggu jika kami selesai jalan-jalan.

Private Minivan Rental di Jeju Island


Penginapan
Untuk masalah penginapan kami sudah membookingnya jauh-jauh hari melalui
booking.com dengan gratis pembatalan. Dan untuk review semua penginapan ini akan saya info disaat kami menginap nantinya. Secara garis besar, dapat saya simpulkan bahwa semua penginapan yang kami booking ini sangat memuaskan. 

Kuala Lumpur 
Di Kuala Lumpur kami menginap di Capsule by Container Hotel. Capsule by Container Hotel di KLIA2 ini terletak di Lot L1 - 2 & 3, Level 1, Gateway, Terminal KLIA 2, KLIA International Airport, Jalan KLIA 2, 2/1, Sepang, Kuala Lumpur, Malaysia.
Harga penginapan di Capsule by Container Hotel


 
Seoul
Di Seoul kami menginap di Doors Guesthouse. Doors Guesthouse ini berada di  4-5, Yanghwa-ro 23-gil, Mapo-gu, Mapo-Gu, 03985 Seoul, Korsel.  
Harga penginapan di Doors Guesthouse


Jeju
Di Jeju kami menginap di Co-op Jeju Beach Hotel. Co-op Jeju Beach Hotel ini berada di 474, Johamhaean-ro, Jocheon-eup, Jeju, 63333, Korsel.
Harga penginapan di Co-op Jeju Beach Hotel

 
Busan
Di Busan kami menginap di V1 Motel. V1 Motel ini berada di 2, Gwangjang-ro 86 beon-gil, Sasang-gu, Sasang-Gu, Busan, 46975, Korsel. 
Harga penginapan di V1 Motel



Iklim
Sebelum berkunjung ke suatu negara, maka biasakan untuk mencari tahu iklim di negara tujuan kita tersebut. Pastikan anda mengetahui suhu udara rata-rata setiap musim agar tidak salah kostum ketika datang kesana. Pada saat bulan Desember 2016 – Januari 2017 kami berkunjung ke Korea Selatan ini, suhu udara di Korea Selatan dingin.

Untuk panduan mengetahui suhu udara di Korea sekaligus mengecek hujan atau tidak hari itu dan keesokan hari nya, kami menggunakan acuan pada Web Korea Meteorological Administration dengan tingkat akurasinya 99% (ini berdasarkan pengalaman pribadi loooh selama kami travel di Korea).

Iklim Korea tergolong ke dalam iklim benua jika dilihat dari temperatur dan angin yang bertiup serta curah hujan. Iklim Korea dibedakan menjadi empat jenis musim, yaitu : musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

Musim dingin di Korea biasanya dimulai antara bulan Desember hingga bulan Februari, dengan suhu terdingin yang muncul pada bulan Januari yang mencapai minus 3 hingga 6 derajat Celcius. Hari-hari dengan suhu paling rendah biasanya terjadi antara pertengahan dan akhir bulan Januari. Di musim dingin, hari-hari menjadi lebih pendek, sinar matahari muncul lambat dan matahari tenggelam lebih awal. Biasanya siklus tiga hari dingin yang diikuti empat hari hangat yang disebut dengan istilah Samhansaon selalu berulang selama musim dingin.

Pada saat Traveling Mandiri ke Korea ini kami berencana pergi ke 4 kota, yaitu Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan. Karena kami hanya pergi ke 4 kota tersebut, maka kami hanya memperhatikan iklim di daerah itu saja.
 

Seoul  
Climate Chart Temperature Seoul

Sokcho
Climate Chart Temperature Sokcho

 Jeju
Climate Chart Temperature Jeju


Busan
Climate Chart Temperature Busan


Perlengkapan Musim Dingin
Kita semua pasti tahu kalau di Indonesia itu hanya terdapat dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Berbeda dengan negara-negara seperti Korea, Jepang, dan Benua Eropa yang punya empat musim termasuk di dalamnya adalah musim dingin atau musim salju.

Saat seperti sekarang ini yang sudah memasuki libur tahun baru yang juga bertepatan dengan musim dingin di beberapa negara, kami sebagai orang Indonesia pun langsung berburu tiket untuk berwisata ke negara empat musim tersebut, salah satunya ke Korea Selatan.

Masyarakat Indonesia yang termasuk ke dalam masyarakat tropis belum tentu kuat menghadapi musim dingin yang super duper dingin. Nah kalau kamu punya rencana liburan saat musim dingin/saju, kamu tidak boleh lupa membawa perlengkapan yang wajib di bawa saat berlibur di musim dingin berikut ini ya.

1. Baju Thermal / Long John
Perlengkapan yang wajib di bawa saat berlibur di musim dingin yang pertama adalah Baju Thermal / Long John. Ini adalah baju yang kamu pakai setelah pakaian dalam. Baju Thermal / Long John ini ada yang dari bahan katun, atau polyester hingga wool yang bisa membuat tubuh kita tetap hangat. Baju Thermal / Long John ini punya ukuran yang pas dengan badan, serta biasanya terdiri dari atasan dan bawahan seperti legging. Namun ada pula bentuk Long John yang bagian atas dan bawahnya menyambung seperti baju bayi yang dilengkapi dengan deretan kancing di bagian depan. Pada saat ini kami membawa Long John yang terdiri dari atasan dan bawahan, bentuknya seperti baju dalam dan legging versi lebih hangatnya. Baju dan celana ini berguna supaya panas yang ada di tubuh kita tidak keluar.  

Baju Thermal / Long John


2. Sweater
Perlengkapan yang wajib di bawa saat berlibur di musim dingin selanjutnya adalah Sweater. Sweater ini dipakai setelah Baju Thermal / Long John. Suhu di musim dingin bisa mencapai 0 derajat hingga minus berapa derajat. Gak kebayang dong gimana dinginnya ? Maka dari itu, kamu wajib memakai Sweater agar tubuh kamu tetap hangat. Bahkan karena sudah terlalu terbiasa dengan cuaca panas di Indonesia, ngak heran Sweater yang dipakai bisa sampai berlapis-lapis. Wajar saja kok. Pilih Sweater dengan bahan tebal seperti wool ya. Kamu juga boleh memilih sweater turtleneck yang membantu melindungi leher kamu dari udara dingin.

Sweater


3. Winter Coat
Perlengkapan saat berlibur di musim dingin yang tidak kalah penting dari Long John dan Sweater adalah Winter Coat. Agar tubuh kamu tetap cukup hangat, kamu harus menggunakan jaket atau coat. Winter Coat ini mempunyai kemampuan menjaga tubuh terasa tetap hangat. Pilihan dari Winter Coat sendiri sudah banyak banget jenis dan stylenya mulai dari yang sepanjang pinggang, pinggul atau bahkan overcoat.
Winter Coat

 


4. Winter Boot Lengkap Dengan Kaos Kaki
Saat liburan di musim dingin sering kali hujan salju turun sehingga jalanan ditutupi salju dan licin. Kamu wajib untuk memakai
Winter Boot dengan alas sepatu yang bergerigi. Dengan alas sepatu yang bergerigi akan menghindari kamu terjatuh dan terpeleset karena licinnya jalanan. Jangan lupa juga memakai kaos kaki serta sepatu yang punya bahan tebal dan tidak tembus air ya. Salju itu bagaikan es yang diserut, jadi kalau sepatu kamu ngak tahan air pasti bisa menyebabkan kaos kaki dan sepatu menjadi basah dan dikhawatirkan membuat kamu kedinginan.
Winter Boot

 


5. Syal
Aksesoris yang wajib kamu bawa saat berlibur di musim dingin adalah Syal. Kini beragam jenis syal dengan model dan motif sudah banyak dijual. Syal selain menghangatkan juga bisa mendukung penampilan kamu makin oke dan stylish, dan ngak ketinggalan juga punya manfaat bisa membuat bagian leher kamu makin hangat. Syal yang cocok dipakai di saat musim dingin adalah syal dengan bahan wool yang punya ukuran panjang sehingga bisa dililitkan di leher kamu.
Syal

 


6. Penutup Kepala
Kamu pasti tahu dong gimana dinginnya salju ? Hmmm bayangin dech kamu lagi asik liburan musim dingin, tiba-tiba salju turun. Wah kayaknya kepala bisa pusing tambah kedinginan pula lagi. Jadi untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu wajib banget bawa penutup kepala untuk melindungi kepala kamu dari udara super dingin di musim salju. Sebenarnya karena angin yang cukup kencang sering membuat penutup kepala ini hampir terbang, tapi ini membantu sekali kalau turun salju atau hujan es supaya salju dan es tersebut tidak mencair di kulit kepala. Sumpah, itu dingin banget. Khe... Khe... Khe...
Penutup Kepala

 


7. Penutup Telinga
Pakai juga penutup telinga (earmuffs) yang bisa menutupi bagian telinga kamu. Karena telinga adalah salah satu bagian tubuh yang sensitif terhadap suhu dingin. Earmuffs ini benar-benar efektif untuk melindungi telinga mu dari suhu udara super dingin. Ya pelindung telinga yang punya bentuk seperti headphone dengan berbagai bentuk dan warna menarik ini bisa kamu pilih tergantung dengan keinginan dan style kamu.
Penutup Telinga

 


8. Sarung Tangan
Liburan di musim dingin tidak lengkap rasanya kalau tidak bermain salju. Iya dong, kesempatan untuk memegang salju atau ala-ala membuat boneka salju dan bermain perang salju pasti sangat menyenangkan. Tapi kamu yakin mau melakukan kegiatan tersebut tanpa menggunakan sarung tangan ? Wadoooh... Bisa-bisa nanti telapak tangan kamu jadi membeku dan kering pecah-pecah hingga mati rasa loooh. Gak mau dong liburan kamu jadi ngak seru, makanya sarung tangan adalah perlengkapan yang wajib kamu bawa. Usahakan pakai sarung tangan yang terbuat dari wol supaya tetap hangat daripada yang bahannya kulit. Karena sarung tangan kulit dinginnya bisa tembus. Memang jika kita pakai sarung tangan wol tangan berasa besar banget tapi terbukti hangat dan ada kok yang bisa touch screen seperti yang kami beli, jadi masih bisa main handphone dech. Khe... Khe... Khe...
Sarung Tangan


 

9. Pelembab Dan Lip Care
Apa kamu tahu kalau musim dingin bisa membuat kulit menjadi kering, gatal, dan mudah teriritasi ? Ya kulit kering yang disebabkan oleh cuaca dingin itu memang sering terjadi. Makanya menggunakan pelembab itu sangat-sangat penting di musim dingin untuk mencegah kulit kering dan teriritasi. Pelembab yang dibutuhkan itu bukan hanya sekedar pelembab untuk wajah saja nich, namun juga pelembab untuk tubuh seperti body butter/lotion. Pelembab wajah dan tubuh ini dikhususkan untuk menjaga kulit agar tidak pecah dan kering saat di negara yang bersuhu dingin. Selain itu pelembab untuk bibir (lipbalm) juga wajib disediakan agar bibir tidak pecah-pecah. Jadi jangan lupa untuk selalu membawa pelembab ketika ada rencana liburan di musim dingin ya.
Pelembab Dan Lip Care

 


10. Heat Pack
Winter di Korea adalah musim dengan begitu banyak tempat menarik untuk bisa dikunjungi, seperti melihat salju di Nami Island, Seoraksan Mountain dan 1100 Highland di Jeju Island. Terlepas dari apa yang Anda bayangkan, musim dingin Korea  bisa menjadi sangat  keras dan dingin. Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana tetap hangat ketika Anda keluar dari penginapan dan berjalan-jalan santai. Kami memiliki solusi yang sangat bagus untuk masalah ini, iya bawalah Heat Pack !

Penggunaan heat pack ini macam-macam. Meskipun dengan berbagai gaya yang berbeda, sebagian besar paket Heat Pack ini bekerja dengan cara yang sama. Tekanan dan udara memicu reaksi kimia dengan pasir besi yang dikandungnya membuatnya memanas.

Heat Pack ini ada yang ditempel di long john, ada yang ditaruh di sepatu, ada juga yang disimpan di saku coat. Bentuknya sekilas mirip koyo, tapi seperti ada butiran-butiran di dalamnya. Setelah Anda mengeluarkan Heat Pack dari paketnya, Anda harus memainkannya sedikit. Gosokkan bersama atau remas. Anda harus merasakannya memanas setelah waktu yang singkat.
Jadi tinggal di gosok-gosok lalu sekarang siap digunakan. Tidak perlu khawatir, Heat Pack ini akan memanas hingga suhu yang nyaman sekitar 40 derajat Celcius. Panas yang dikeluarkan oleh si Heat Pack itu bertahan sekitar 3-4 jam saja. Lumayan untuk menghangatkan badan ya. 
Heat Pack


Perbedaan Waktu
Perbedaan Waktu Indonesia dan Korea Selatan adalah 2 jam. Dimana Korea Selatan yang duluan lebih cepat. Waktu di
Korea Selatan sama dengan Waktu Indonesia Timur, yaitu GMT + 9 atau WIB + 2. Jadi kalau di Medan pukul 06.00 WIB (Waktu Indonesia Barat), maka di Korea Selatan pukul 08.00 KST (Korea Standard Time). Bisa cek di sini : http://www.timeanddate.com/worldclock/.
KST (Korea Standard Time)

 


Waktu Sholat Dan Arah Qiblat
Mendapatkan waktu shalat untuk lokasi yang Anda inginkan tidak pernah semudah ini. Ingin megetahui waktu sholat yang akurat bisa lihat di http://islamicfinder.org/world/republic-of-korea/1835848/seoul-prayer-times. Dengan adanya IslamicFinder ini kita bisa nyaman saat bepergian ke seluruh dunia. Disitus ini jelas tersaji Jadwal Sholat, Kalender Islami, Al Quran, Kumpulan Doa-Doa, Hari Islami Spesial, Arah Qiblat, Konversi Tanggal, Pengetahuan Umum, Iqra, Galeri Islami, Tempat Islami, Urusan Haji, hingga Kalkulator Zakat.
IslamicFinder

 


Jadi buat teman-teman yang ingin berburu salju di bulan Desember, tidak ada salahnya memilih Korea Selatan sebagai destinasi wisata winter, karena negara ini menawarkan banyak tempat untuk bermain salju, resort untuk ski dan festival-festival winter yang seru lainnya.

Note : Jangan lupa setiap tempat atau informasi-informasi penting print juga dalam bahasa Hangul. Jadi nanti kita bisa senang mau bertanya sama orang sana, walaupun umpamanya nanti juga akan berbicara dengan bahasa tubuh ayam dan itik. At least kita boleh bertanya khan !

Selamat berlibur dan
melakukan Traveling Mandiri menuju Seoul, Sokcho, Jeju dan Busan. To be continued...
 


35 komentar:

  1. Sungguh menakjubkan ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Bu KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan hidup saya. Saya sangat berhutang budi sampai orang-orang yang saya pinjam dari geng itu melawan saya dan kemudian menangkap saya karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan periode lomba diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya ditipu sebelumnya tetapi ketika saya menemukan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada iklan itu benar-benar sebuah keajaiban mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan, itulah mengapa dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya mengajukan dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah yang tepat yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa melunasi semua hutang Saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak membutuhkan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apapun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita mandiri. Anda ingin merasakan kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang sulit ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di hidup dalam satu atau lain cara, maka saya memberikan amanat untuk mencoba dan menghubungi Ibu KARINA ROLAND di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi kemerosotan finansial dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu KARINA ROLAND dia akan membantu Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

    BalasHapus
  2. Halo semua
    Nama saya AISHA MEY (aishamey14@gmail.com) dari jakarta selatan indonesia saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ALLAH karena penderitaan saya berakhir melalui Anthony Yuliana Lenders yang telah memberikan pinjaman kepada saya sebesar Rp 250 juta, bagi yang mencari pinjaman harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman palsu dimana-mana hanya sedikit yang nyata dan Pemberi Pinjaman Anthony Yuliana adalah salah satu pemberi pinjaman online terbaik, saya melakukan pembayaran untuk asuransi pinjaman saya dan biaya transfer sebelum jumlah pinjaman saya sebesar Rp 250 juta ditransfer ke rekening saya, untuk mereka yang mencari pinjaman online asli dan asli harus menghubungi mereka
    (anthony.yulianalenders@gmail.com)
    whatsapp (+13234026088)

    BalasHapus
  3. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus
  4. selamat hari untuk semua orang di indonesia dan juga untuk semua orang di asia, nama saya mrs. fatimah fahariah, saya ingin berbagi kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara indonesia saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya ganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik. PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA, jadi saya percaya perjanjian dan hubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan Jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat persetujuan lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu menyetujui sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, membuat saya bertanya kepada siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (585) 708-3478

    Akhirnya, saya ingin mendukung Anda untuk semua yang telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus
  5. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Esa akan terus memberkati kerja keras MOTHER KARINA yang baik.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  6. Semua terima kasih kepada Ibu KARINA ROLAND karena telah membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang mengaku sebagai pemberi pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan yang saya dapatkan hanyalah scammer, saya mendaftar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya putus asa sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya sedang mencari dan saya menetap untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali, saya pikir itu scam tetapi saya melakukan apa yang diminta untuk saya lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND memberi tahu saya dalam waktu kurang dari 24 jam Anda akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur keesokan paginya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk mengonfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi ketika saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yaitu Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman secara online dan bank saya Manajer kaget jika ada masih perusahaan pinjaman online yang nyata dan sah saya sangat senang semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itulah sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum melamar dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam Hormat kepada siapa saja yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  7. HALO
    Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu sangat mungkin mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan yang harus dibayar untuk ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari pembayaran dengan skor kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan tingkat bunga pinjaman @ 2%. Dengan ilmu yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya jelaskan sendiri. Saya mengajukan pinjaman sebesar $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksinya sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    BalasHapus
  8. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Esa akan terus memberkati kerja keras MOTHER KARINA yang baik.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  9. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
    whatsapp: +1 (347) 797-0786

    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan yang luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

    Nama: Anik susiawati
    Bank: Bank Central Asia (BCA)
    Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
    Tanggal: 17 Agustus 2020
    Surel. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  10. Nama saya: Etin supriatin
    Negara: Indonesia
    Pinjaman yang disetujui: Rp450.000.000 bank: bri bank
    email: (supriatinetin123@gmail.com)

    Halo semuanya, nama saya ETIN SUPRIATIN
    Saya ingin membagikan kesaksian yang luar biasa ini
    bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY ketika kami diusir dari rumah kami ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi karena covid19 patah hati,
    Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan secara online dan pinjamannya ditolak oleh bank saya dan beberapa credit union lain i
    dikunjungi. Sampai suatu hari saya berjalan dengan malu-malu
    seorang teman sekolah lama yang memperkenalkan saya pada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap mengambil risiko apa pun lagi
    untuk mengajukan pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir bahwa saya akan menerima pinjaman dari mereka. Seketika berpikir,
    karena tunawisma saya, saya mengikuti uji coba dan mengajukan pinjaman, untungnya itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman Rp450.000,00 dari
    {belindachristopherloancompany@gmail.com}. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. Saya dan keluarga saya sekarang bahagia sekarang saya memiliki rumah dan bisnis sendiri. Semua rasa syukur saya sampaikan kepada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang telah memberi makna pada hidup saya ketika saya mengira semua harapan telah hilang. Anda dapat menghubungi mereka melalui email (belindachristopherloancompany@gmail.com) atau whatsap +1 (347) 797-0786 jika Anda membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, Anda masih dapat menghubungi saya melalui (supriatinetin123@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

    BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    whatsapp: +1 (347) 797-0786
    alamat email: belindachristopherloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  11. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
    whatsapp: +1 (347) 797-0786

    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan yang luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

    Nama: Anik susiawati
    Bank: Bank Central Asia (BCA)
    Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
    Tanggal: 17 Agustus 2020
    Surel. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  12. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Kuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari MOTHER KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  13. HARI BAIK UNTUK ANDA SEMUA
    Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan untuk mendapatkan pinjaman atau Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis, membayar hutang, atau untuk mengembangkan bisnis Anda
    Apakah Anda membutuhkan pinjaman yang mendesak untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda atau karena berbagai alasan, atau Anda kesulitan mendapatkan pinjaman dari bank karena tingkat pengembalian pinjaman yang lebih tinggi.
    Kami menyediakan semua jenis pinjaman, kami dapat diandalkan, efisien, cepat dan dinamis, dengan jaminan pinjaman 100% juga memberikan (euro, pound, dolar, peso dan Rp dll.) dan juga memberikan pinjaman dalam semua jenis mata uang suku bunga kami berlaku untuk semua pinjaman adalah (2%) jika Anda tertarik kembali kepada kami melalui (belindachristopherloancompany@gmail.com) untuk Layanan yang disediakan meliputi:
    Pinjaman darurat.
    Perbaikan rumah.
    Penemu Pinjaman.
    Pinjaman Konsolidasi Hutang.
    Pinjaman Bisnis.
    Pinjaman pribadi.
    pinjaman gaji.
    pinjaman medis.
    pinjaman liburan.
    pinjaman properti.
    Pinjaman Islam. pelamar yang tertarik harus menghubungi kami hari ini melalui
    belindachristopherloancompany@gmail.com atau Whats-app +1 (347) 797-0786 untuk kebebasan finansial Anda.

    BalasHapus
  14. semua berkat nyonya karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu seluruh WNI yang sedang mencari pinjaman di internet agar berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki salon rias rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir membebani hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik karina roland perusahaan pinjaman, yang saya hubungi dan dia memberi tahu saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka, pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu Saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik ibu. karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, agar orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau hanya whatsapp +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  15. Nama saya: Etin supriatin
    Negara: Indonesia
    Pinjaman yang disetujui: Rp450.000.000 bank: bri bank
    email: (supriatinetin123@gmail.com)

    Halo semuanya, nama saya ETIN SUPRIATIN
    Saya ingin membagikan kesaksian yang luar biasa ini
    bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya dari BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY ketika kami diusir dari rumah kami ketika saya tidak dapat membayar tagihan saya lagi karena patah hati,
    Setelah ditipu oleh berbagai perusahaan secara online dan pinjamannya ditolak oleh bank saya dan beberapa credit union lain i
    dikunjungi. Sampai suatu hari saya berjalan dengan malu-malu
    seorang teman sekolah lama yang memperkenalkan saya pada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Awalnya saya mengatakan kepadanya bahwa saya tidak siap mengambil risiko apa pun lagi
    untuk mengajukan pinjaman online lagi, tetapi dia meyakinkan saya bahwa saya tidak perlu khawatir bahwa saya akan menerima pinjaman dari mereka. Seketika berpikir,
    karena tunawisma saya, saya mengikuti uji coba dan mengajukan pinjaman, untungnya itu disetujui untuk saya dan saya menerima pinjaman Rp450.000,00 dari
    {belindachristopherloancompany@gmail.com}. Saya senang saya mengambil risiko dan mengajukan pinjaman. Saya dan keluarga saya sekarang bahagia sekarang saya memiliki rumah dan bisnis sendiri. Semua rasa syukur saya sampaikan kepada BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang telah memberi makna pada hidup saya ketika saya mengira semua harapan telah hilang. Anda dapat menghubungi mereka melalui email (belindachristopherloancompany@gmail.com) atau whatsap +1 (347) 797-0786 jika Anda membutuhkan pinjaman cepat dan nyata, Anda masih dapat menghubungi saya melalui (supriatinetin123@gmail.com) untuk informasi lebih lanjut.

    BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    whatsapp: +1 (347) 797-0786
    alamat email: belindachristopherloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  16. BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY
    Email: belindachristopherloancompany@gmail.com
    whatsapp: +1 (347) 797-0786

    Saya ANIK SUSIAWATI dengan nama, dari indonesia. Saya ingin menggunakan ini
    media untuk mengucapkan terima kasih khusus kepada perusahaan yang luar biasa ini yang memungkinkan saya untuk meningkatkan bisnis saya. Saya terjebak dalam krisis keuangan dan saya perlu membiayai kembali bisnis saya, saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai firma pinjaman baik swasta maupun perusahaan tetapi tidak pernah berhasil karena saya telah ditipu beberapa kali dan sebagian besar bank menolak kredit saya, sampai saya bertemu dengan perusahaan ini nama BELINDA CHRISTOPHER LOAN COMPANY yang membantu saya dengan pinjaman sejumlah (Rp300.000.000) tanpa stres saya benar-benar ingin berterima kasih kepada MRS BELINDA CHRISTOPHER yang telah memungkinkan dan membantu saya melalui dan memastikan saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi saya ingin menggunakan cara ini untuk menasihati semua orang di luar sana yang mencari pinjaman bahwa jika Anda harus menghubungi perusahaan mana pun dengan referensi untuk mendapatkan pinjaman dengan suku bunga rendah dan jadwal pembayaran yang lebih baik untuk menghubungi MRS BELINDA CHRISTOPHER di (belindachristopherloancompany @ gmail. Com) atau whatsapp +1 (347) 797-0786 untuk pinjaman cepat, aman dan mudah hari ini ... Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut (aniksusiawati0@gmail.com)

    Nama: Anik susiawati
    Bank: Bank Central Asia (BCA)
    Jumlah Pinjaman: Rp300.000.000
    Tanggal: 17 Agustus 2020
    Surel. aniksusiawati0@gmail.com

    BalasHapus
  17. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    KOTA: BATU MALANG JATIMMY
    WHATSAPP: +62877-4316-8500
    HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang bagus tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang mampu secara finansial membuat hidup saya berbalik.
    Saya mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap dapat melunasinya setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, KARINA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memanfaatkannya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada orang yang terkena banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui say yes harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya telah dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
    HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  18. HALO
    Saya ADAWIYAH YAHYA dari malaysia saya tinggal di kota temerloh pahang. Saya tidak pernah tahu sangat mungkin mendapatkan pinjaman dari pinjaman online atau pemberi pinjaman. Saya sekarat dalam hutang dengan banyak tagihan yang harus dibayar untuk ketiga anak saya dan nilai kredit saya juga sangat rendah. Jadi, saya baru saja online untuk mengetahui lebih banyak tentang cara mendekati bank atau mengambil pinjaman hari pembayaran dengan skor kredit rendah. Kemudian saya menemukan banyak tulisan dan artikel di berbagai situs tentang bagaimana KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY membantu orang, perusahaan dan organisasi dengan tingkat bunga pinjaman @ 2%. Dengan ilmu yang saya dapatkan secara online, saya menghubungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com), saya jelaskan sendiri. Saya mengajukan pinjaman sebesar $ 60.000 tetapi dia menyetujui $ 50.000 dan itu adalah $ 50.000 yang saya terima di rekening bank saya. Proses transaksinya sangat mudah dan cepat. dan juga mengkonfirmasi Identitas saya dan untuk memastikan keamanan dana. Saya merekomendasikan perusahaan ini kepada semua orang. Jangan mati dalam hutang sebelum Anda mencari bantuan. Tulis surat ke KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY sekarang Email (karinarolandloancompany@gmail.com atau whatsapp +1 (585) 708-3478, untuk informasi lebih lanjut Anda juga dapat menghubungi saya melalui email adawiyahyahya63@gmail.com

    BalasHapus
  19. CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
    whatsapp .... + 1585 708-3478
    facebook ..... elena karina roland
    instagram ..... karina roland

    Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengambil sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan itu ternyata palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara ...... Malaysia
    nama ......... Afizah Nazeri
    Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
    bank ....... BSN (Malaysia)
    email ....... afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus
  20. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Bahasa Indonesia
    W / S ......... + 62821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak dapat pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan peminjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan tersebut adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSPLISIT. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan diizinkan ini membuat saya kehilangan uang, tapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lainnya untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Elena karina Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  21. Semua terima kasih kepada ibu KARINA ROLAND karena telah membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang bersikeras untuk menjadi pemberi pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan yang saya dapatkan hanyalah scammer, saya mendaftar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya putus asa sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya sedang mencari dan saya menetap untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali, saya pikir itu scam tetapi saya melakukan apa yang diminta untuk saya lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND memberi tahu saya dalam waktu kurang dari 24 jam Anda akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur keesokan paginya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk mengonfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi ketika saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yaitu Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman secara online dan bank saya Manajer kaget jika ada masih perusahaan pinjaman online yang nyata dan sah saya sangat senang semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itulah sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum melamar dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam Hormat kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  22. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  23. Sungguh luar biasa ketika saya berpikir bahwa semuanya sudah selesai dengan saya, nama saya susan garcia, dari phillipine, Bu KARINA ROLAND datang untuk menyelamatkan hidup saya. Saya sangat berhutang budi sampai orang-orang yang saya pinjam dari geng itu melawan saya dan kemudian menangkap saya karena hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan masa lomba diberikan kepada saya ketika saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan menghasilkan uang untuk melunasi semua hutang yang saya terima jadi saya diberitahu bahwa ada pemberi pinjaman online yang sah jadi saya harus mencari melalui blog saya ditipu sebelumnya tetapi ketika saya menemukan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY, Tuhan mengarahkan saya ke iklannya di sebuah blog karena ketertarikan saya pada iklan itu benar-benar sebuah keajaiban mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak penderitaan, itulah mengapa dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya mengajukan permohonan dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam 24 jam saya dikreditkan dengan jumlah persis yang saya maksudkan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Pinjaman Pribadi karena saya berbicara dengan Anda sekarang saya bisa melunasi semua hutang Saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak membutuhkan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan, apapun keputusan saya tidak ada urusan dengan Polisi, saya sekarang seorang wanita mandiri. Anda ingin merasakan kemandirian finansial seperti saya, silakan hubungi Ibu melalui email perusahaan: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478 Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia yang sulit ini Anda membutuhkan seseorang untuk membantu Anda mengatasi perputaran keuangan di hidup dalam satu atau lain cara, maka saya memberikan amanat untuk mencoba dan menghubungi Ibu KARINA ROLAND di alamat di atas agar Anda dapat mengatasi kemerosotan finansial dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya melalui email berikut: (garciasusan113@gmail.com)) Selalu bersikap positif dengan Ibu KARINA ROLAND dia akan membantu Anda melalui semua tantangan keuangan Anda dan kemudian memberi Anda tampilan keuangan baru dan kebebasan untuk mengatasi semua kekhawatiran Anda.

    BalasHapus
  24. semua berkat nyonya karina roland
    Nama saya annisa logan, saya dari indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu seluruh WNI yang sedang mencari pinjaman di internet agar berhati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk memperbaiki salon rias rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir membebani hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama Ibu. karina, pemilik karina roland perusahaan pinjaman, yang saya hubungi dan dia memberi tahu saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka, pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu Saya mengajukan pinjaman 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas pekerjaan baik ibu. karina dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang Ibu. karina, agar orang-orang dari negara saya dan kota saya bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi Ibu. karina melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau hanya whatsapp +1 (585) -708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  25. Apakah Anda sedang mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman pinjaman rumah dan perusahaan pinjaman di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda sehubungan dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Auto laons.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    Pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    Pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    Email: karinarolandloancompany @ gmail com
    WhatsApp hanya +1 (585) 708-3478.
    Nama Facebook: Elena karina Roland
    instagram: karina roland

    BalasHapus
  26. CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
    whatsapp .... + 1585 708-3478
    facebook ..... elena karina roland
    instagram ..... karina roland

    Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengambil sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan itu ternyata palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara ...... Malaysia
    nama ......... Afizah Nazeri
    Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
    bank ....... BSN (Malaysia)
    email ....... afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
      NEGARA: INDONESIA
      KOTA: BATU MALANG JATIMMY
      WHATSAPP: +62877-4316-8500
      HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
      EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

      Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah kehidupan.
      Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang baik tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang mampu secara finansial membuat hidup saya berbalik.
      Saya mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap dapat melunasinya setelah menerima pembayaran saya.
      Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
      Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, KARINA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memanfaatkannya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada orang yang terkena banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui say yes harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya telah dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
      Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

      PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
      HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478
      NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
      EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

      Hapus
  27. NAMA SAYA: MRS MARIA ARTIKA
    NEGARA: INDONESIA
    KOTA: BATU MALANG JATIMMY
    WHATSAPP: +62877-4316-8500
    HIBAH PINJAMAN: Rp350.000.000,00
    EMAIL SAYA: mariaartika27@gmail.com

    Saya ingin memulai dengan berterima kasih kepada Tuhan atas anugerah kehidupan.
    Nama saya MRS MARIA ARTIKA dan saya ingin berbagi cerita yang baik tentang KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Favorit, perusahaan yang mampu secara finansial membuat hidup saya berbalik.
    Saya mengalami kesulitan keuangan selama beberapa waktu dan saya harus meminjam dari teman-teman saya karena saya berharap dapat melunasinya setelah menerima pembayaran saya.
    Dan ketika menghadapi hidup saya berubah menjadi yang terburuk, saya dipecat dari pekerjaan dan saya kehilangan ibu saya beberapa bulan kemudian. Setelah ibu saya dimakamkan, teman-teman saya mulai meminta uang mereka kembali.
    Tetapi kompilasi saya mengira hidup saya sudah berakhir, saya sebenarnya berusaha untuk melarikan diri, sekarang TUHAN menggunakan teman dan tetangga saya Bu Rini anggraeni yang membantu saya untuk menghubungi IBU KARINA yang mengatakan bahwa teman dari Indonesaia menghubungkannya dengan IBU KARINA, jadi saya menceritakan kisah saya kepada ibu, dia meminta dokumen yang saya tunjukkan dan sebelum saya menyadarinya permintaan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000,00, sebelumnya saya telah meminta tiga perusahaan pinjaman online yang lebih baik untuk tidak membutuhkan bantuan positif, tetapi IBU KARINA ROLAND melalui pinjamannya perusahaan, KARINA ROLAND LOAN COMPANY telah mengubah hidup saya dan saya telah memutuskan sebelumnya bahwa saya akan terus membagikan cerita ini sehingga warga negara saya dapat memanfaatkannya, berharap dapat meminjamkan pinjaman kepada orang yang terkena banjir. Proses persetujuan kredit saya telah selesai dan saya telah menerima surat persetujuan dari perusahaan yang menyetujui say yes harus memberikan bank saya. Saya menerima permintaan dari bank saya yang menyatakan bahwa rekening bank saya telah dikreditkan dengan jumlah pinjaman sebesar Rp350.000.000,00 yang saya minta. KARINA ROLAND LOAN COMPANY adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang nyata dan tulus di seluruh dunia, jadi jangan ragu untuk menghubungi MOTHER KARINA di saluran ini. Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui atau email whatsapp: karinarolandloancompany@gmail.com, whatsapp +1585 708-3478, begitulah hidup saya berubah dan saya akan terus membagikan kabar baik agar semua orang dapat melihat dan menghubungi perusahaan baik yang mengubah hidup saya .
    Anda juga dapat menghubungi saya jika Anda membutuhkan bantuan saya atau Anda ingin bertanya kepada saya tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Ini email saya: mariaartika27@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA
    HANYA WHATSAPP: +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK: KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL: KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus
  28. Nama Perusahaan::"":":":"ONE BILLION RISING FUND
    Gmail Perusahaan:":":":":"::"onebillionrisingfund@gmail.com                       
    Selamat siang
    Namaku Nyonya Ahmed Neni dan saya berbicara sebagai salah satu orang paling bahagia di dunia saat ini dan saya mengatakan kepada diri sendiri bahwa pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi buruk kami, saya akan menceritakan namanya kepada dunia dan saya sangat bahagia dengan katakan bahwa keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp150.000.000.00 untuk memulai hidup saya sejak saya adalah satu ibu dengan 3 anak dan dunia sepertinya sedang bergantung pada saya saat saya mencoba untuk mendapatkan pinjaman Dari bank dan online bank menolak saya pinjaman mereka mengatakan bahwa penghasilan saya rendah dan saya tidak memiliki jaminan untuk pinjaman jadi saya pergi online dan hal-hal menjadi lebih sulit karena mereka merobek uang saya dari saya dengan janji manis untuk membantu saya sampai saya bertemu dengan ALLAH mengirim pinjaman pinjaman yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, ONE BILLION RISING FUND dimana Juruselamat ALLAH dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir ini tidak akan mungkin terjadi karena pengalaman masa lalu saya dan janji palsu tapi untuk mengejutkan saya, saya menerima pinjaman saya sebesar Rp150.000.000.00 dan saya akan menyarankan siapa saja yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi perusahaan tersebut, melalui email di: """""""onebillionrisingfund@gmail.com"""""""karena mereka adalah pemberi pinjaman yang paling pengertian dan baik hati. Jika Anda melihat bagaimana memastikan pinjaman atau bagaimana mendapatkan pinjaman asli, perusahaan dapat membantu Anda. "

    BBM: D8E814FC 


    Sebagai penerima manfaat dari perusahaan saya adalah bukti hidup dari kerja baik perusahaan dan saya meyakinkan Anda bahwa Anda akan mendapatkan formulir pinjaman ONE BILLION RISING FUND. cukup hubungi mereka dan ikuti proses pemberian pinjaman yang mudah

    Anda dapat menghubungi saya Ahmed Neni pada informasi lebih lanjut ((ahmedneni48@gmail.com))

    Allahu akbar

    BalasHapus
  29. PENGUJI: Ibu Ria Maulidina
    NEGARA: Indonesia
    KOTA: Semarang
    WHATSAPP SAYA NO: +62821-3272-6590
    HIBAH PINJAMAN: Rp 500.000.000
    BANK: BCA REKENING No: 1750825253
    EMAIL: maulidinaria@gmail.com

    PERUSAHAAN PINJAMAN: KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY
    EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
    WHATSAPP NO: +15857083478
    NAMA FACEBOOK: karina elena roland

    Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya mengalami kekacauan finansial, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman terkemuka secara online yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok penipu karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan dengan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang secepatnya dan itu membuat saya mengirimkan kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki baik di bumi maupun di surga, mereka terus meminta lebih dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari hal buruk dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak mempercayainya lagi. Saya menjadi sangat kurus karena kekurangan makanan yang baik dan 2 anak saya yang berusia 5 dan 8 juga tidak tampan selama periode penguncian COVID19 ini tidak ada perawatan yang tepat sebagai akibat dari keuangan, minggu berjemur saya melihat seorang teman keluarga lama dari suami saya dan saya memberi tahu dia semua yang telah saya lalui dan dia mengatakan satu-satunya cara dia dapat membantu adalah mengarahkan saya ke agen peminjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia mendapat dorongan dari pinjaman ini agensi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan tarif yang terjangkau sebesar 2% dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRATIF} dan dia juga memberi saya alamat email bereputasi ini dan saya menghubungi mereka seperti yang diinstruksikan dan dengan rahmat TUHAN YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa stres atau masalah lems dan inilah mengapa saya datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan memberi tahu orang-orang bahwa masih ada agen pinjaman online yang nyata dan terkemuka. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478

    BalasHapus
  30. Negara: Indonesia
    WhatsApp: +62 838-3669-4853
    Alamat: Surabaya
    email saya: nurbrayani750@gmail.com
    nama saya Nurbrayani, saya ingin bersaksi tentang pekerjaan ALLAH yang baik dalam hidup saya, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak pemberi pinjaman palsu ada di internet, tetapi mereka sangat asli dalam pemberi pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari pemberi pinjaman 2 kredit yang curang, saya kehilangan banyak uang karena saya sedang mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman yang andal. Ny. Alicia Radu Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp350.000.000 dari Ny. Alicia Radu dengan sangat mudah dalam 24 jam yang saya lamar, jadi saya memutuskan untuk membagikan pekerjaan yang baik dari ALLAH melalui Bunda Alicia Radu dalam kehidupan keluarga saya.

    Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi ibu Alicia Radu melalui email: (aliciaradu260@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurbrayani750@gmail.com)
    Nomor WhatsApp saya: +62 838-3669-4853
    jika Anda memerlukan informasi tentang bagaimana saya mendapat pinjaman dari Ibu Alicia Radu

    BalasHapus
  31. Semua terima kasih kepada ibu KARINA ROLAND karena telah membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang bersikeras untuk menjadi pemberi pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan yang saya dapatkan hanyalah scammer, saya mendaftar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya putus asa sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya sedang mencari dan saya menetap untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali, saya pikir itu scam tetapi saya melakukan apa yang diminta untuk saya lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND memberi tahu saya dalam waktu kurang dari 24 jam Anda akan mendapatkan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur keesokan paginya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk mengonfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi ketika saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yaitu Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman secara online dan bank saya Manajer kaget jika ada masih perusahaan pinjaman online yang nyata dan sah saya sangat senang semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itulah sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum melamar dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam Hormat kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  32. CUKUP CUKUP UNTUK KEBIJAKSANAAN.
    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA ADALAH SATU-SATUNYA JALAN KELUAR DARI KESULITAN KEUANGAN (karinarolandloancompany@gmail.com)
    whatsapp .... + 1585 708-3478
    facebook ..... elena karina roland
    instagram ..... karina roland

    Salam, pikiran yang hebat, Ini akan menjadi kesenangan terbesar saya menyelamatkan Individu dan perusahaan dari pemerasan, saya tahu tidak semua orang akan mau mengambil sendiri untuk mengungkapkan kebenaran pahit tentang Pinjaman online karena ketidakamanan, Waktu melakukannya dan semua itu. i ”m AFIZAH NAZERI, seorang pengusaha wanita terkemuka yang tinggal di TERENGGANU CITY OF MALAYSIA telah memutuskan untuk membagikan artikel ini kepada siapa saja yang berkepentingan sehingga mereka dapat belajar dan mendidik diri sendiri darinya. Ini buruk sampai Anda melihat kesaksian online tentang mendapatkan pinjaman dan itu ternyata palsu. Sungguh saya telah jatuh untuk trik itu berkali-kali sampai memperpanjang saya kehilangan hampir Rm14.000 total semua atas nama mendapatkan pinjaman untuk diinvestasikan dalam bisnis yang sangat menguntungkan. Setelah begitu banyak upaya yang gagal untuk mendapatkan pinjaman, saya dan Manajer saya online untuk melakukan pencarian menyeluruh dan menemukan perusahaan ini KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tetapi sebelum mencobanya, kami juga melanjutkan untuk memastikannya nyata, periksa ulasan mereka dan juga pergi ke keberadaan dan kemampuan mereka. Kami sangat berhati-hati karena kami tidak ingin kehilangan sepeser pun lagi dan harapan terbesar kami, mereka memberikan sesuai tinjauan mereka dan memberi kami jumlah pinjaman yang kami inginkan sebesar Rm80.000. Sebuah kata untuk semua orang di luar sana ketika datang ke Pemberi Pinjaman Online hanya hubungi KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY melalui email: {karinarolandloancompany@gmail.com} atau whatsapp +1585 708-3478, dan pertimbangkan semua masalah keuangan Anda ditangani dan diselesaikan. # SHARE, Anda dapat menyelamatkan seseorang dari korban hari ini, Terima kasih.
    negara ...... Malaysia
    nama ......... Afizah Nazeri
    Jumlah yang disetujui ..... Rm80.000
    bank ....... BSN (Malaysia)
    email ....... afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus
  33. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Kuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari MOTHER KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus
  34. NAMA: Titin yuni Arlini
    Nomor rekening: 6170235108
    NAMA BANK: bank central asia (BCA)
    HIBAH PINJAMAN: Rp 250.000.000
    EMAIL SAYA: titinyuniarlini@gmail.com

    Selamat siang!!!
    Saya hanya tersenyum saat memposting ini karena KARINA ELENA ROLOAND LOAN COMPANY telah membuat saya dan keluarga saya keluar dari hutang. Semuanya berawal ketika saya membutuhkan pinjaman Rp250.000.000 untuk melunasi semua hutang saya, tidak ada yang membantu karena saya kehilangan suami sampai saya menemukan kontak emailnya di internet sehingga saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman dari MOTHER KARINA dan sekarang saya sangat senang dan berterima kasih atas bantuan MOTHER KARINA karena telah memberikan pinjaman saya.
    Sekarang saya memiliki bisnis sendiri dan saya merawat keluarga saya dengan baik karena bantuan KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY yang memberi saya pinjaman tanpa stres. Tuhan Yang Maha Kuasa akan terus memberkati kerja keras yang baik dari MOTHER KARINA.
    Anda dapat menghubungi mereka sekarang melalui email atau whatsapp oke: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp +15857083478

    BalasHapus